Friday, February 27, 2015

Membuat Kaki Surat (Nama dan Tanda Tangan) Agar Cepat dan Rapi


Surat menyurat adalah salah satu cara komunikasi yang penting dengan cara formal. Lingkup surat menyurat pun tidak terbatas hanya di bidang tertentu saja, tetapi global di segala aspek kehidupan masyarakat. Dan di kesempatan ini insya Allah saya akan mencoba berbagi trik membuat kaki surat yang biasanya berisi tanda tangan. Maka dari itu saya buatkan di tutorial Tips dan Trik Ms. Office di web saya ini. Kenapa? Alasannya adalah karena saya sendiri sering menemui orang-orang yang membuat surat sejenis surat kuasa, pengunduran diri, lamaran, dll yang pembuatan kaki suratnya masih dengan cara manual. Emang tidak salah dibuat dengan cara apapun, tapi disini saya bermaksud berbagi tips agar proses pembuatannya mudah, cepat dan akurat dengan tidak banyak perubahan pada saat melakukan editing atau perubahan pada surat. Ya ini sih pengalaman saya pribadi, dan salah satunya yang terakhir adalah awal bulan lalu, ketika saya disuruh nge-pint surat kuasa. Oya, yang tadi saya katakan 'manual' yang pernah saya temui adalah: 1) menggunakan spasi. 2) membuatkan kotak textbox dan meletakkan text didalam textbox itu. 3) membuatkan tabel 2 kolom lalu bordernya di-None-kan atau diwarnai putih.
Baiklah, yuk kita simak triknya :D

  1. Yang pertama dan utama tentunya bikin dulu dokumennya, kalo udah nyampe ending ketikan (sebelum kaki surat), baru deh ke langkah pertana yaitu membuat tabs untuk kolom pertama dan kedua, dengan melakukan klik dan drag ke kiri atau kanan sampai posisi yang diinginkan
  2. Jika sudah siap dua tabs dengan posisi yang kita sudah yakini pas, lakukan dobel klik di salah satu siku tabs (disini saya men-dobelklik tabs kedua
  3. Setelah itu akan muncul Tabs Dialog berikut

    Pertama, pilih dulu tabstop yang pertama. Yang saya praktekkan ini 4,5 cm dan 12,5 cm kedua, untuk align pilih satu. Di praktek saya ini dibikin align Centerketiga klik tombol Set dan lakukan hal yang sama dengan tabstop kedua (12,5 c) baru setelah itu klik Set dan OK
Naaah, kalo udah selesey aturannya gini nih biar tertib.... - Sebelum ngetik teksnya (judul tanda tangan dan nama), pencet dulu Tab di keyboard baru ngetik. Pencet tab lagi (kedua kalinya) maka cursor pointer akan pindah ke kolom yang sebelahnya, tiggal ketik deh dan pencet enter. - Kalo dirasa terlalu sempit dan jadi gak rapi tinggal ubah aja dengan menggeser siku (tabstop) yang ada di ruller sampe posisi yang pas - Kalo mau menghapus tabnya, tinggal drag aja siku (tabstop) yang ada keluar area penggaris
Udah deh, selamat mencoba ya temen-temen.... semoga bermanfaat. Lain kali kalo kebetulan perlu silakan aja mampir lagi ke web saya yang sederhana ini :). Insya Allah tutorial akan selalu update demi teen-temen netter semuanya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...