Friday, February 27, 2015

Cara Meng-extract (Menyimpan) Gambar di Ms. Word 2007

Halo temen-temen semua, kali ini saya akan mencoba berbagi tips mengenai cara menyimpan gambar yang ada dalam dokumen Microsoft Word sebagai file image terpisah. Inspirasi posting kali ini adalah dari pengalaman pribadi saya ketika berniat ingin menyimpan gambar yang ada dalam dokumen di Ms. Word menjadi sebuah file tersendiri.
Sebelumnya saya terpikirkan beberapa cara, dua diantaranya adalah melakukan print screen lalu crop gambarnya satu per satu dan yang kedua dengan copy-paste dari word ke photoshop atau image editor lainnya. Cara ini memang efektif, tapi ternyata saya baru keingetan sesuatu, kalo ternyata dokumen Ms. Word tuh bisa di save sebagai file HTML, kalo udah jadi HTML kan tinggal Save As aja gambarnya :D. Cara lain yang saya temui adalah dengan me-rename file word (*.docx) menjadi file ZIP arsip (*.zip). Oya syaratnya harus format *.docx atau office 2007 ke atas, kalo office 2003 (*.doc) gak akan bisa, kecuali di save as dulu ke word 2007.

Menyimpan Ms. Word ke format Web Page (HTML)

Cara ini adalah cara yang mudah dilakukan oleh siapapun. Berikut tahapannya.
  1. Buka file Ms. Word yang ada gambarnya
  2. klik tombol Ribbon menu pojok kiri atas lalu "Save As" > "Other Format", maka akan muncul kotak dialog "Save As"
  3. Pada kotak "Save as Type", silahkan pilih "Web Page (*.htm, *.html)", awas jangan salah memilih "Single File Web Page" atau "Web Page, Filtered", tentukan lokasi penyipanan File di Save in lalu klik Save.
  4. Buka folder namafileword_files ditempat tadi Anda menyimpan dokumen tadi. Dan disana pasti ada beberapa file gambar ;)

Dengan merubah format *.docx ke *.Zip (format Office 2007)

Syarat pertama cara ini adalah nama file harus disertakan ekstensinya, kalo tidak silakan ubah seting di Windows Explorer di menu "Tools" > "Folder Options". Di tab "View" hilangkan checklist pada "Hide extension for knowing files type". Setelah itu baru buka folder tempat menyimpan file word tadi.
  1. Ubah nama file dari namafile.docx ke namafile.zip dengan menekan tombol F2 pada keyboard di file yang akan diubah nama
  2. Setelah selesai, tekan saja Enter (kalo ada pertanyaan klik aja Yes), lalu buka file ZIP tersebut, dan lihat di folder "Word > media"

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...