Friday, February 27, 2015

Cara Bikin Daftar Isi di Ms. Word

Kali ini saya akan berbagi trik tentang cara membuat daftar isi.
Daftar isi sering kita temui pada saat membuat makalah atau tugas lainnya yang biasanya dijilid atau memakan 5 atau 10 lembar atau lebih. Menurut saya membuat daftar isi itu sangatlah mudah yakni hanya menekan tombol Tab pada keyboard. Sering kali saya menemui orang-orang yang membuat daftar isi dengan menekan titik sampai panjaaaang gt, nah disini saya mau berbagi trik buat temen-temen tentang cara bikin daftar isi yang rapi tapi simpel. Apa lagi anak kuliahan, serasa gimanaa gitu kalo bikin makalah terus daftar isinya 'karehol' gak rapi pas sisi kanannya. Oke, yang diperlukan hanyalah mengenal 2 hal: 1) Tabs; dan 2) Hanging Indent.
Tabs di Ms Word adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk membuat jarak (tab indent) secara rata (seperti spasi tapi tabs lebih panjang jaraknya). Secara standar jarak berukuran 1,25 cm. Untuk menggunakannya diperlukan menekan sebuah tombol keyboard Tab. Contoh penggunaan Tab ini adalah pada biodata. Terlihat kan data titik duanya yang terlihat rapi pada sebuah biodata? Berikutnya adalah hanging indent. Yaitu sebuah fitur yang fungsinya untuk mengatur seputar jarak dan margin dokumen pada Ms. Word. Posisinya berada di bagian atas Ms Word, tepatnya pada Ruller Top (penggaris bagian atas). Lihatlah bagian-bagiannya seperti yang akan saya jelaskan di bawah ini!

Keterangan: 1) First Line Indent adalah indentasi yang berfungsi untuk mengatur baris pertama pada sebuah paragraph 2) Spacing Indent After adalah indentasi untuk selain baris pertama pada sebuah paragraph 3) Right Indent adalah betas akhir baris sebuah paragraph
Baiklah kita mulai saja cara pembuatan daftar isi ini!

  1. Buatlah 2 tabs stop dengan cara mengklik area abu-abu tepat dibawah horizontal rule (dibawah yang penggaris warna putihnya itu kan ada jarak sedikit, klik aja disitu). Tab stop pertama sebagai batas titik-titik dan tabstop kedua sebagai posisi angka halamannya. Lihat gambar di bawah ini
  2. Pada salah satu tab stop (yang bentuknya siku) lakukanlah dobel klik sampai muncul dialog seperti ini Dari contoh yang saya buat di atas jarak tab stopnya adalah 15 cm (jarak akhir titik-titik) dan 16 cm (kolom untuk angka halaman). Pertama, batas akhir titik-titik (klik dulu yang pertama, berarti yg 15cm itu), agar perataannya rata pilihlah decimal pada Alignment dan pada Leader pilih option kedua (titik-titik) lalu klik set. Kedua, kolom angka (klik di angka 16cm), kita buat rata kanan supaya terlihat rapi (Alignment=Right) dan jangan lupa klik set dulu baru klik OK kalu udah selesai.
  3. Sekarang format daftar isi sudah jadi, untuk menggunakannya tinggal ketik teksnya lalu tekan Tab 2x, yang pertama membuat titik-titiknya, yang kedua jarak ke angka halamannya.
Sudah.... hanya begitu cara bikin daftar isi tuh. Mudah kan? Saya harap semoga tips dari saya ini bisa bermanfaat. Inspirasi tulisan ini sendiri adalah seringnya saya melihat orang yang bikin daftar isi dan titik-titiknya gejlok (gak rata). Dan untuk itulah saya bikin tulisan ini, semoga membantu. Tips lainnya akan saya coba bahas lain kali, salam semangat AJN!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...