Tuesday, April 26, 2016

Cara Menandai Data Sama Duplikat Pada Excel

Terimakasih sudah berkunjung di website kami tempat belajar bersama tutorial microsoft office. Pada kesempatan ini admin akan membahas cara mengetahui dan menandai duplikat data pada lembar kerja microsoft excel.
Ketika kita menginput data dalam jumlah banyak menggunakan microsft excel, kemudian kita ingin mengecek dan mengetahui apakah data-data tersebut ada yang sama atau duplikat, maka kita bisa menggunakan fasilitas yang disediakan pada excel yaitu menu conditional formating (duplicate value).
Untuk lebih jelasnya simak contoh berikut ini :
Contoh data simpel sebagai berikut ini, Pada data nama tersebut  kita akan menandai data yang nama yang sama atau duplikat.
Mengetahui data sama pada excel
Mengetahui data sama pada excel


Select kolom nama tersebut kemudian klik menu Home >>> pada group styles
Akan mucul seperti gambar dibawah ini selanjutnya klik Conditional Formatting >>> pilih Highlight Cells Rules >> klik Duplicate Values >> Kemudian kilik oke
Conditional formating (Duplicate Value)
Conditional formating (Duplicate Value)
Maka akan didapat hasil seperti gambar dibawah ini
Mengetahui duplikat data excel
Mengetahui duplikat data excel
Formatnya pada data yang sama akan  berwarna merah pada tulisan dan latarnya, demikian cara mudah mengetahui dan menandai duplikat data menggunakan excel.
Selain digunakan untuk mengetahui duplikat data, menu dari Conditional fomatting juga bisa untuk menandai nilai data dengan kondisi tertentu, sudah pernah dibahas pada artikel sebelumnya dibawah ini .
Terimakasih semoga bermanfaat

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...