Thursday, March 12, 2015

Menghubungkan 2 Jaringan Yang berbeda dengan Mikrotik di Virtualbox

Sebenarnya saya sedikit agak lucu melihat judul setiap postingan saya, karena sebagian besar pasti terdapat virtualboxnya (hahahaha). Tapi memang saya banyak belajar jaringan dengan virtualbox karena tidak mungkin saya membeli semua perangkat yang dibutuhkan untuk belajar dan saya pun tidak punya uang karena saya masih pelajar (hahahha). Oke langsung aja ke postingan saya kali, dimana saya menghubungkan 2 jaringan yang berbeda dengan mikrotik di virtualbox.



Dibutuhkan :

  • Mikrotik RouterOS yang terinstall di virtualbox (yang belum tahu cara nginstall bisa dilihat disini)
  • 2 OS lain yang terinstall di virtualbox, disini saya menggunakan Windows Xp  (Cara intall WinXp disini)

Praktik :

  1. Pertama - tama buat network adapter pada mikrotik jadi 2, dan "Attached to" ganti ke "Internal network".

    1

    2


  2. Jalankan mikrotik, setelah login ganti nama interfacenya agar mudah dibedakan.

  3. 3
    4
    - "interface print"
    - "interface set 0 name=LAN1"
    -"interface set 1 name=LAN2"
  4. Setelah itu setting ip address untuk setiap interface.

    5
    - "ip address print"
    - "ip address add address=192.168.1.1/24 interface=LAN1"
    - "ip address add address=192.168.2.1/24 interface=LAN2"


  5. Pada setiap windows XP ganti networknya jadi internal network, lalu setting ip address seperti pada gambar.
    6

    7

    8

    - Pada windows XP pertama, atur ipnya seperti pada gambar 7 (atau yang penting satu jaringan dengan LAN1)

    - Pada windows XP kedua, atur ipnya seperti pada gambar 8 (satu jaringan dengan LAN2)


  6. Untuk menguji jaringan yang sudah dibuat, lakukan ping dari winXP pada LAN1 ke winXP pada LAN2 dan sebaliknya.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...