Tuesday, October 15, 2013

Cara Monetize Blog - Inilah caraku

Kali ini saya posting sesuatu yang bener-bener gak nyambung dengan tema blog ini. Bagi beberapa pengunjung setia blog ini mungkin pernah mengamati iklan di blog ini selalu berganti-berganti. Maksud saya program iklannya yang gonta-ganti terus. Ya, saya memang tidak konsisten soal ini. Bukan karena tidak mendapatkan earning dari iklan-iklan tersebut, tapi saya cuma suka gonta-ganti saja. Jika iklannya dirasa tidak keren, ya saya copot atau ganti. Maklum, nyubi yang bagai air di daun talas.

Kebanyakan saya memakai PPC luar negeri karena saya rasa isi iklannya lebih baik ketimbang PPC dalam negeri. Belum terfikir untuk memasang PPC dalam negeri, karena iklan-iklannya itu lho yang terlalu wah, menghanyutkan dan menggelora hehe... Kembali lagi ya, earning memang saya perhitungkan tapi saya lebih mementingkan pada bagaimana tampilan iklannya. Apakah enak dilihat, cukup relevan dengan isi blog atau tidak.


Oh iya, tak lupa saya meminta maaf kepada pembaca blog ini karena blog ini sejak 2 bulan lalu saya pasangi iklan. Pembaca mungkin sedikit terganggu dengan hal ini. Selain Google Adsense, menurut saya Luminate lah yang terbaik bagi blog ini. Cukup banyak yang klik iklannya. Traffic dari Indonesia masih dihargainya walaupun harga 1 kliknya terbilang kecil yaitu kisaran 250-400 rupiah, Kalau traffic dari US dan CA (kanada) lebih dari situ nilai kliknya tapi tetap tidak sampai 1000 rupiah perkliknya. Entah datang darimana traffic dari US (20% dari seluruh visitor) ke blog ini. Tau darimana harga perkliknya? Aku pernah test klik sendiri pake software ip address (ketahuan hehe). Hati-hati fren, jangan suka klik sendiri iklan di blog kamu pake sembarang software ip address, bisa kebaca tuh sama robotnya ntar dibanned lagi pas PO.

Tahu kan dengan Luminate? itu tuh iklan yang muncul pada gambar posting di blog ini. Nggak saya pasang lagi karena saya kira cukup mengganggu view dari gambar walau earningnya lumayan buat beli permen hehe...

PAK-FA T50
Beberapa hari lalu saya juga copot iklan dari Adengage karena iklannya gak variatif, kebanyakan (untuk traffic Indonesia) iklannya dari situs video streaming. Nah kalau yang satu ini banyak yang klik. Tahu gak nilai perkliknya untuk traffic dari Indonesia? ya, Rp.50-100 rupiah haha... Aku pernah sehari dapet 75 klik dan kulihat konversinya ternyata cuma 6000 rupiah. Ya nggak apa-apalah, happy blogging saja.

Terakhir saya pakai Projectwonderful (PW) di blog ini. Ini bukan PPC tapi jual beli space iklan di blog dengan sistim bid. Jika saya pasang terus mungkin harga bid space iklan di blog ini naik terus. Mungkin.. mungkin.. mungkin... Tapi iklan-iklannya kebanyakan gak enak dilihat, selain kulihat sendiri di blog saya, iklan-iklannya juga saya cek pada situs publisher terkenal lainnya yang memasang program ini. PW nggak seperti Buysellads (ditolak hehe..) yang lebih keren, bagi saya PW adalah jaringan komunitas antar membernya yang saling pasang Iklan. Wajar kalau iklannya banyak yang jelek, bikinan personal.

PAK-FA T50
Dalam rentang waktu 2 bulan, bukan hanya beberapa, tapi sudah puluhan vendor CPC/CPM yang nongol di blog ini dengan berbagai macam iklannya hehe.. Total earning seluruhnya hitungan kasarnya mungkin mencapai 300 ribuan. Wajarlah, nih blog trafficnya masih kecil. Itu bukan pada 1 program iklan, tapi bermacam-macam dan berbagai-bagai :). Di program A ada 5000 rupiah, di program B ada 7000 rupiah, di program C ada 15000 rupiah dan seterusnya. Tapi yang terbanyak adalah pada Luminate dan Adengage.

Adhitz juga langsung saya copot karena iklan judi bolanya sering nongol (sok alim dot kom) dan iklan-iklan lainnya juga gak relevan. Oh iya, kemarin ada yang bikin aku tertawa. Aku buka Intergi dan daftar disana. Alexa ranknya cukup bagus, 20 ribuan. Sepertinya iklan-iklannya adalah game-game keren dan entertainment lainnya. Saya fikir ini cukup bagus untuk dipasang di blog ini. Setelah pendaftaran saya konfirmasi, pihak Intergi mengatakan akan mereview blog saya. Trus beberapa detik dari situ ada surat masuk yang isinya :"Thank you for your interest in Intergi. Unfortunately, we do not feel there is a fit within our network for your company at this time.". Gila, sadis amat. Nggak ada basa-basi haha......

PAK-FA T50
PAK-FA T50
PAK-FA T50
Sekarang saya cuma pasang iklan dari Speedyads, kita lihat saja nanti apa kelanjutannya. Banyak iklan yang nggak relevan dengan blog ini jadi saya nggak sreg. Sebenarnya yang saya harapkan itu adalah Google Adsense. Seandainya diterima, saya mungkin gak akan pasang iklan-iklan lainnya, karena iklan-iklan dari Google Adsense terlihat relevan dengan isi blog. Tapi permohonan Adsense saya digantung sama eyang Google. Direject enggak, di approve juga enggak. Katanya sih pemberitahuannya dalam 4 hari kerja sejak review pertama, tapi ini sudah berminggu-minggu.

Ya, inilah sekelumit unek-unek saya tentang memonetize blog yang baru seumur jagung ini. Kemarin pengen beli domain ternyata Artileri dot kom sudah ada yang punya. Situsnya nganggur sih dan lagi dijual tapi harganya gak pas dengan kantongku. Entar deh fikir-fikir lagi nama domainnya yang masih available. Kalau bisa ya cuma 1 kata dan berakhiran com. Thanks sudah menyimak

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...