Saturday, January 18, 2014

Cara Membuat Blog Gratis menghasilkan uang lewat Blogspot

Seperti yang dilansir dari wikipedia, blog adalah kependekan dari web blog yang artinya aplikasi web yang berfungsi untuk menampilkan konten atau biasanya artikel. Selain blog, tentu kita sudah tidak asing lagi bukan jika mendengar kata-kata website, ya, lantas apakah perbedaan dari website dan blog?

Pada dasarnya, blog dan website dibagi atas beberapa aspek, mulai dari tujuan, pengurus, keseriusan, profesionalitas, penghasilan, akurasi, tingkat kepercayaan, tampilan, topik, kuantitas, kualitas, dan lain sebagainya.


Tujuan Pembuatan Blog


Jika dilihat berdasarkan tujuanya, biasanya orang-orang yang membuat blog adalah orang yang ingin menuangkan coretan hidupnya diselembar kertas online (blog) atau hanya sekedar memuat tulisan-tulisan pribadinya, nah, sedangkan website adalah web blog komersil yang bertujuan untuk mencari pendapatan dari hasil pembuatanya, karena biasnya dikelola oleh beberapa admin, berbeda dengan blog yang biasanya diurus perseorangan.

Namun anda jangan salah presepsi mengenai blog, walaupun tidak seprofesional website "kelihatanya", ternyata blog-blog gratis juga bisa menghasilkan pendapatan yang fantastis dan tidak kalah dari website-website besar, tergantung seberapa besar niat kita untuk menyukseskan blog tersebut.

Cara Menghasilkan Uang dari Blog


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot
Tentunya anda sudah menunggu-nunggu bagian yang satu ini bukan? hehe. Ya, rekan-rekan semua, blog atau web blog bisa di monetasi ataupun menghasilkan pendapatan dengan berbagai macam cara, contoh sederhananya adalah iklan, tentu kita sudah mengenal iklan bukan. Iklan terbaru atas 2 macam, yakni iklan mandiri dan media, kalau mandiri kita mencari advertiser dan memasangnya sendiri, sedangkan media (google adsense, chitika, innity, dll) kita hanya perlu bergabung dan memasang scriptnya di blog kita, maka banner advertiser akan muncul silih berganti.

Selain dari iklan, masih banyak juga cara-cara lainya, seperti afilasi dan menjual produk. Afilasi adalah suatu program dimana kita sebagai publisher dan kita harus merekomendasikan produk yang diafilasikan, dan apabila ada pembeli yang menuju ke halaman produk dengan link afilasi kita, maka kita akan diberikan komisi sesuai yang sudah ditetapkan oleh para penyedia afilasi, contoh afilasi: zalora dan lazada.

Cara Membuat Blog Gratis


Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot
Nah, kita sampai ke inti topik dari apa yang sudah kita bicarakan diatas, pada langkah ini saya akan menunjukan kepada anda bagaimana cara membuat blog gratis, disini saya menggunakan platform blogspot, karena lebih mudah dan terpercaya jika dibandingkan dengan platform-platform lainya, dikarnakan blogspot adalah salah satu perusahaan milik Google Inc.

membuat blog gratis ini sangat mudah sekali, namun perlu saya ingatkan kembali, anda harus sudah mempunyai 1 akun di gmai atau google mail untuk membuat blog, jadi bagi anda yang belum memiliki email di google saya sarankan agar anda membuatnya terlebih dahulu di mail.google.com. Baik, berikut ini adalah langkah-langkah ataupun cara membuat blog gratis di blogspot, silahkan disimak dengan seksama:

1. Buka www.blogger.com.

2. Login menggunakan google mail anda.

3. Pada halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk konfirmasi profil anda, pada halaman ini klik "Lanjutkan ke blogger" pada bagian bawah.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot











4. Nah, pada langkah ke 4 ini anda sudah masuk dashboard blogger, yang artinya akun blogspot anda sudah berhasil dibuat.

5. Langkah selanjutnya adalah membuat blog, klik pada ikon "Blog Baru" disebelah kiri halaman.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot









6. Maka nanti akan keluar jendela munculan atau pop-up, Isikan judul blog anda pada kolom judul, isikan alamat blog (URL) pada kolom alamat, pilih tema dari blog anda (tenang saja, tema masih bisa diganti kapanpun), lalu terakhir klik "Buat blog!".

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot














7. Selamat blog anda berhasil dibuat! anda akan kembali ke halaman dasbor kembali, untuk memulai membuat postingan ataupun konten, anda bisa klik ikon pensil yang berwarna oranye.

Cara Membuat Blog Gratis di Blogspot







Selamat! akhrinya blog baru anda di blogspot telah berhasil dibuat.

Cara Mempromosikan Blog


Cara Membuat Blog Gratis
Setelah membuat blog gratis di blogspot, pada langkah kali ini kita akan mengetahui bagaimana cara mempromosikan blog atau cara mempopulerkan sebuah blog. Sebenarnya cara mempromosikan ini sangat beragam sekali, tentu tidak akan ada habisnya saya kupas tuntas disini, namun saya akan mencoba membagikan beberapa pengalaman saya tentang mempromosikan sebuah blog.

Promosi sebuah blog terbagi atas 2, yakni cara offline dan online, offline adalah promosi yang kita lakukan di dunia nyata, sedangkan online adalah promosi di internet.

Promosi offline bisa kita mulai dengan cara memberitahu alamat blog kita dari mulut ke mulut, membagikan brosur yang berisi blog kita, menempelkan stiker blog kita (jangan mengotori ya, hehe), membuat banner lalu dipasang di tempat keramaian, dan lain sebagainya.

Kalau promosi online, kita bisa melakukanya hanya dengan cara-cara mudah, seperti membagikanya ke social media, memperkenalkanya ke forum-forum, menyuruh orang untuk me-review blog kita di website mereka, men-submitnya ke social bookmark (scoop it, pinterest, lintas.me), memasang iklan di iklan baris gratis, dan lain sebagainya.

Penutup

Inilah tutorial sederhana, semoga dapat membantu rekan-rekan semua untuk memahami dunia blogging, bagi anda yang ingin lebih serius untuk menekuni dunia blog, anda dapat mengunjungi beberapa situs untuk belajar membuat blog seperti farespo.blogspot.com.

Akhir kata, saya ucapkan mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila masih ada kekurangan dalam panduan sederhana yang saya buat ini, kritik dan saran sangatlah diperlukan bagi saya agar dapat lebih baik lagi kedepannya,

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...