Okelah, daripada lama-lama lebih baik
langsung saja kita ke bahasan. Oia perlu saya tekankan lagi, file yang
diperlukan itu ada dua: file data dan file master. Adaun bahan yang diperlukan adalah printer, kertas label dan penggaris.
- Tentukan dulu format labelnya seperti apa, misalnya data yang diperlukan hanya nama dan alamat saja (umumnya seperti ini kalo undangan: Nama dan alamat [di])
- Buat file data, bisa di Word bisa juga di Excel. Jika menggunakan Ms. Word harus dibuat dalam format tabel dan baris yang paling atas (baris pertama) adalah untuk judul, misalnya seperti ini Begitu pula bila menggunakan Ms. Office Excel, baris pertama harus berupa header.
- Save file data tadi di tempat yang aman, misalnya di D: atau My Documents. Misalnya daftar nama.
- Setelah selesai tutup file data tadi, kemudian buat file masternya (New Document) pada Ms. Office Word 2007.
- Buka ribbon menu Mailings > Start Mail Merge > Labels ...
- Setelah
itu akan muncul dialog Label Options. Klik saja New Label dan isi lah
informasi tersebut dengan deskripsi seperti di bawah ini! Keterangan (Lihat gambar di bawah): Label name: nama label (harus diisi, tidak boleh mangandung spasi atau karakter khusus) a) Top margin : jarak tepi kertas atas sampai batas tepi atau sisi atas label b) Side margin : jarak tepi kertas kiri sampai batas tepi atau sisi label c) Vertical pitch : jarak tepi atas label sampai tepi atas label yang ada di bawahnya d) Horizontal pitch : jarak tepi kiri label sampai tepi kiri label yang ada di sebelah kanannya e) Label height : tinggi label f) Label width : lebar labelNumber accross: jumlah label sampsi ke sebelah kiri (biasanya 3) Number down : jumlah label sampai ke bawah (biasanya 4) Page size : ukuran jenis kertas (Page width: lebar kertas, Page Height: tinggi kertas)Bila sudah yakin klik OK dan OK juga untuk Label Optionnya.
- Klik ribbon menu Maillings > Select Recipients > Use Existing Lists... lalu pilih file data tadi yang telah dibuat lalu klik Open Jika master data dibuat di Ms. Excel, maka akan muncul dialog lokasi sheet tempat data yang dibuat tadi. Biasanya berada di sheet 1, bila di Ms. Word akan langsung tersimpan di Mailing
- Untuk memasukkan field2 yang diperlukan seperti nama dan alamat tadi, buka lagi tab menu Mailings > Insert Merge Fields lalu pilih field yang akan dimasukkan, yaitu NAMA atau ALAMAT.
- Untuk label kedua dan seterusnya, akar pekerjaan menmjadi lebih mudah dan cepat tinggal klik Update Labels di Mailings, sehingga hasilnya seperti ini.
- Untuk menampilkan nama-nama yang telah kita buat tadi, tinggal klik .
CATATAN
1. Supaya teks pada label terlihat rapi, silakan tekan Ctrl + A (Select
All) lalu tekan Ctrl + E (Align Center) dan lakukan format (huruf,
ukuran, warna, dll) sesuai keinginan 2. Jika tabel keluarnya tanpa ada
garis (tidak kelihatan garisnya), silakan klik pada table holder () di pojok kanan atas tabel sampai tabel terseleksi, lalu di Home pilih border (). Jangan lupa hilangkan lagi bordernya kalo udah selesai dan siap print
Okey sekian dulu trik dari saya ini, semoga bermanfaat terutama buat temen-temen yang sebentar lagi nikah ^_^
No comments:
Post a Comment